Kamis, 21 April 2011

Populasi

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas : obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan.


Jadi populasi bukan hanya orang, tetapi juga obyek dan benda - benda alam yang lain. Populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek/subyek yang dipelajari, tetapi meliputi seluruh karakteristik/sifat yang dimiliki oleh subyek atau obyek yang diteliti.

Misalkan akan melakukan penelitian di Universitas X, maka Universitas X ini mempunyai populasi yang bisa berupa jumlah subyek/orang dan karakteristik subyek/orang. Pengertian pertama memberikan makna bahwa populasi merupakan sekumpulan orang/subyek dan obyek yang diamati. Pengertian kedua memberi petunjuk bahwa orang - orang di Universitas X mempunyai karakteristik, misalnya motivasi kerjanya, disiplin kerjanya, kepemimpinannya, iklim organisasinya dan lain-lain. Sekolah juga mempunyai karakteristik lain seperti kebijakan, prosedur kerja, tata ruang kelas, lulusan yang dihasilkan dan lain - lain.
Semoga bermanfaat ya hehehe....
Referensi : Prof. DR. Sugiyono. Statistika untuk Penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar